Ketik di sini apa yang ingin dicari lalu Klik “Cari Di Sini”

Khasanah Ragam Budaya Nusantara


Khasanah Ragam Budaya Nusantara.  
Mulai tahun 2014 atau postingan kali ini aku ganti keterangan di bawah Tempe Opo Tahu dengan kalimat Khasanah Ragam Budaya Nusantara, agar kelihatan lebih keren seolah  -olah kayak ilmuan atau budayawan aja ya...,

Nusantara yang kini dikenal dengan nama Indonesia merupakan suatu wilayah yang secara geografis berada di daerah persilangan diantara dua samudera (samudera hindia dan samudera fasifik) dan diantara dua benua (benua asia dan benua australia), secara astronomis terbentang dari antara  6o LU - 11o LS dan antara 95o BT - 141o BT. sehingga wilayah ini memiliki iklim tropis.

Nusantara juga merupakan wilayah kepulauan dengan jumlah pulau + 13.677 pulau besar/kecil dan garis pantai + 16.477 km.

Begitu luas wilayah nusantara memungkinkan memiliki kekayaan yang luar biasa, terdapat puluhan ribu jenis tumbuhan, ribuan jenis hewan, akibat dari struktur tanahnya vulkanis (banyak gunung api) yang sangat subur.

Masyarakat penghuninya pun beragam terdiri dari berbagai etnis, suku bangsa dengan beraneka ragam cultur budaya, seperti bentuk rumah, pakaian, mata pencaharian, dan adat istiadat tradisional.

Semua ini menjadi hiasan yang sangat berharga dan menjadi kebanggaan warga masyarakatnya.

Keaneka-ragaman yang terdapat di wilayah nusantara menjadi kekayaan khasanah kultur budaya yang masih dilestarikan hingga kini. dan keragaman tersebut kini diikat dalam satu kata “INDONESIA” sebagai wujud persatuan dan kesatuan yang selalu dicita-citakan, dimimpikan sejak diungkapkan “Sumpah Palapa” oleh Kakek Gajahmada di jaman Majapahit dahulu.


“Lamun huwus kalah Nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa” (Gajahmada)



“Tempe Opo Tahu Blog” ingin sekali berusaha mengumpulkan materi bacaan dari berbagai sumber, sebagai sarana belajar untuk mengenal, mencintai, menyayangi, dan melestarikan  Khasanah Ragam Budaya Nusantara.

Beberapa materi bacaan pada “Tempe Opo Tahu Blog” antara lain:


ARTIKEL TERKAIT: