Ketik di sini apa yang ingin dicari lalu Klik “Cari Di Sini”

Kumpulan Cerita Rakyat


Cerita Rakyat sama artinya dengan Legenda yang dalam bahasa Latin = legere. Legenda atau Cerita rakyat adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah rakyat" (folk history). Cerita Rakyat biasanya terus hidup, diceritakan turun temurun, dengan tutur tinular, seperti layaknya sastra lisan.

Akan tetapi karena tidak tertulis, maka Cerita Rakyat sering mengalami distorsi, mendapat bumbu-bumbu penyedap sesuai pengalaman dan motivasi yang akan disampaikan penuturnya,  bumbu-bumbu tersebut kadang malah mengarah ke unsur MITOS yang jauh dari pemikiran logika, sehingga Cerita Rakyat sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya.

Apabila Cerita Rakyat hendak dipergunakan sebagai bahan/sumber penelitian sejarah (untuk merekonstruksi sejarah misalnya), maka harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung unsur bumbu-bumbu yang sifat-sifat folklor, mitos dsb.

Lepas dari itu semua, Cerita Rakyat hingga kini masih berkembang (baca: lestari) dalam masyarakat pendukungnya, apalagi kebanyakan Cerita Rakyat mengandung nilai-nilai petuah, nasihat, perumpamaan dll, yang materi ceritanyapun asyik disimak didengarkan.

Di Inddonesia Cerita Rakyat memiliki peran penting dalam menyampaikan nasihat-nasihat tauladan, oleh para orangtua tehadap putra-putrinya dalam rangka pembentukan karakter dan kepribadian dalam proses sosialisasi.

Pun Cerita rakyat ini menjadi salah satu sastra lisan yang dapat memperkaya khasanah ragam budaya nusantara. Gimana penjelasanku....... OK kan ? hehehe.
Yok kita baca Cerita Rakyat di bawah ini :


ARTIKEL TERKAIT: