Ketik di sini apa yang ingin dicari lalu Klik “Cari Di Sini”

Telaga Sarangan Objek Wisata di Jawa Timur


Telaga Sarangan
Objek Wisata di Jawa Timur

Telaga Sarangan
Letak astronomis        :    Koordinat: 7°40′38″LU 111°13′4″BT
Letak geografis           :    di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jarak dari kota Magetan ke Telaga Sarangan sekitar 16 Km.
                                        Berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Jarak dari Tawangmangu sekitar 17 Km melalu jalan tembus (JT) Tawangmangu – Sarangan.

Luas danau                 :    30 hektare dan berkedalaman 28 meter.
Suhu udara                 :    18 hingga 25 derajat Celsius
Fasilitas wisata           :    Hotel berbitang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata, puluhan kios cendera mata, rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman, berkuda mengitari telaga, afasilitas berenang di danau, mengendarai perahu, becak air dan kapal cepat.

Transportasi                :    Tersedia kendaraan umum dari daerah / kota sekitar, bis, angkot/angdes, ojek, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, sepeda motor/mobil.

Wisatawan                  :    Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Suvenir, Kuliner          :    anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu, dan produk makanan khas seperti emping melinjo dan lempeng (kerupuk puli, yaitu kerupuk dari nasi). Hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga adalah sate kelinci.

Unik                            :    labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun.
                                        Ledug Sura 1 Muharram, dan pesta kembang api di malam pergantian tahun.


Telaga Sarangan adalah sebuah danau yang terbentuk atas proses endogenik pada ratusan tahun yang lalu. Kini Telaga Sarangan menjadi pemandangan yang sangan menarik. Terletak di kaki gunung Lawu, dengan ditumbuhi pepohonan yang besar, tinggi dan lebat.

Udara di sekitar sejuk dengan fasilitas yang ada, jajanan makanan dan kuliner yang khas, menjadikan wisatawan tahan berlama-lama berada di Telaga Sarangan dan sekitarnya. Berbagai fasilitas yang ada semua tergolong murah terjangkau dengan daya beli sampai ke tingkat masyarakat paling bawah.

Pada tahun 2007 Pemerintah Kabupaten Magetan (Jatim) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar (Jateng) telah membuat proyek jalan tembus yang menghubungkan objek wisata Telaga Sarangan menuju obyek wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar. Proyek ini berupa pelebaran dan pelandaian jalan sepanjang + 17 Km, (sehingga tidak terdapat jalan yang super curam seperti doeloe yang kemiringannya rata 800)




































ARTIKEL TERKAIT: