Ketik di sini apa yang ingin dicari lalu Klik “Cari Di Sini”

Kumpulan Puisi Cinta Guru


Kumpulan Puisi Cinta Guru
Guru menurut KBBI adala sbb.
gu·ru n orang yg pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar;-- kencing berdiri, murid kencing berlari, pb kelakuan murid (orang bawahan) selalu mencontoh guru (orang atasannya);
-- agama guru yg mengajarkan mata pelajaran agama;
-- baku guru tetap (pd sekolah-sekolah pelatihan guru);
-- bantu guru pembantu pd sekolah rendah (pd zaman penjajahan); guru penolong;
-- besar pangkat guru pd perguruan tinggi; profesor;
-- honorer guru yg tidak digaji sbg guru tetap, tetapi menerima honorarium berdasarkan jumlah jam pelajaran yg diberikan;
-- kepala kepala sekolah;
-- kula sistem pendidikan yg dilaksanakan di alam terbuka oleh Rabindranath Tagore;
-- lagu Sas bunyi sanjak akhir tertentu di setiap baris kalimat tembang macapat;
-- mengaji mualim; pengajar membaca Alquran dsb;
-- penolong guru bantu;
-- sekolah guru yg mengajar di sekolah;
-- suara Sas guru lagu;
-- tetap guru yg digaji secara tetap setiap bulan;
-- wilangan Sas jumlah suku kata tertentu dl setiap tembang macapat;

Kata “guru” juga di uthak-athik-gathuk dengan kata digugu dan ditiru. Lepas dari itu GURU merupakan sosok yang mendapat tempat terhormat dan mulia dalam masyarakat kita. Dari guru kita dapat membaca dan menulis, dari guru kita dapat belajar berbagai ilmu pengetahuan, dari guru kita mendapat pengetahuan budaya dan tatakrama, dari guru kita mendapat motivasi sehingga tumbuh rasa semangat dan optimis menggapai masa depan, dan masih banyak lagi yang telah kita peroleh dari guru.

Sosok guru sangat berjasa dalam menempa karakteristik kita, yang selalu melekat erat sebagai bekal dalam menjalani hidup ini. Jasa yang begitu mulia ini tak akan terbalas oleh kita sebagai siswanya. Kita hanya dapat berdoa semoga para guru kita selalu mendapat tempat terhormat dan mulia di manapun beliau berada, dan moga dilimpahkan rejekinya (amiiin).

Kecintaan terhadap seorang guru sejak dulu selalu diungkapkan dengan bermacam cara, salah satunya dengan Puisi Cinta Guru.

Beberapa Puisi Cinta Guru hasil googling ini membuat teringat akan wajah-wajah guru ku dulu, yang kini entah di mana, lalu kutempel di sini agar aku dapat selalu mengingat, mengenang jasa-jasanya.


ARTIKEL TERKAIT: