Ketik di sini apa yang ingin dicari lalu Klik “Cari Di Sini”

Cara Membuat Saus Mayones


Bahan Resep dan Cara Membuat Saus Mayones
Mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka, atau bisa saja ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

Mayones dengan citarasa manis, gurih, umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. Untuk ayam goreng atau udang goreng, dengan dilumuri saus mayones, rasanya semakin sedap dan lezat.

Di Amerika Utara, mayones digunakan sebagai olesan sandwich, saus untuk french fries di Eropa (terutama di Belanda, Belgia, Luxemburg dan telah meluas ke Inggris, Perancis, sebagian Kanada dan Australia). Di Perancis mayones digunakan sebagai saus makan telur rebus atau hidangan ayam dingin, sedangkan di Jepang digunakan sebagai saus berbagai macam makanan seperti okonomiyaki, yakisoba, takoyaki, ebi furai dan pizza.

Mayones berasal dari masakan Perancis, namun sekarang banyak dan mudah dijumpai di berbagai negara terutama di kota-kota termasuk di Indonesia.

Saus Mayones dapat dibuat sendiri, karena bahan-bahannya mudah didapat, mudah dijumpai, mudah dibeli di toko atau warung sekitar kita.


Bahan Membuat Saus Mayones :

1.    Kuning telur, 2 butir
2.    Cuka atau air jeruk sebagai pengganti cuka, 1 sendok makan
3.    Garam, secukupnya
4.    Merica bubuk, 1/2 sendok teh
5.    Mustard dijon, 1/2 sendok teh
6.    Salad oil / minyak sayur, 250 gram


Cara Membuat Saus Mayones :

1.   Kuning telur dikocok, jika menggunakan mixer kocok dengan kecepatan rendah saja asal stabil sampai rata.
2.   Tuang salad oil atau minyak sayur sedikit-sedikit bergantian dengan cuka makan (bisa menggunakan air jeruk sebagai pengganti cuka), dikocok terus hingga rata dan kental.
3.   Lalu tambahkan bahan lainnya, merica bubuk, mustard, garam secukupny, juga dikocok hingga rata dan kental. Mayones siap digunakan.
4.   Jika adonan mayones tak dapat mengental, tambahkan kuning telur dan es batu (sekedarnya). Caranya kocok dulu kuning telur tambahan sambil masukkan saus mayones tadi sedikit demi sedikit, terakhir beri es batu sekedarnya bila memang tak bisa mengental.


Dengan membaca Resep dan Cara Membuat Saus Mayones ini, meskipun tinggal di kampung, sekali-sekali kita bisa mencicipi gimana sich rasa Saus Mayones .... gimana ...?? OK kan ? ............ hhe

ARTIKEL TERKAIT: