Ketik di sini apa yang ingin dicari lalu Klik “Cari Di Sini”

Album Lagu Dangdut Lawas Terpopuler


Album Lagu Dangdut Lawas Terpopuler

Dangdut adalah musik yang sangat populer di masyarakat Indonesia hingga ke pelosok kampung. Musik dangdut berangkat dari unsur musik melayu Indonesia, dan dalam perkembangannya mendapat pengaruh dari unsur musik Arab dan India Bollywood.

Musik dangdut memiliki ciri yang sangat khas dengan suara gendang dan seruling menjadi dominan pada setiap penampilannya.

Musik dangdut Indonesia dalam perkembangannya memiliki perbedaan-perbedaan dalam seiap periode

Musik dangdut periode sampai dengan tahun 1970. berciri khas melayu klasik. Suara alat musik akordion sangat mendominasi. Simak saja seperti lagu Fatwa Pujangga, Sorga ditelapak Kaki Ibu.  Penyanyi dangdut melayu saat itu antara lain :
Harris, Hasnah Tahar, Husein Bawafie, Johana Satar, M. Mashabi, Munif Bahaswan, Said Effendi, Ellya Khadam

Sampai dengan muncul lagu “Boneka India” yang dibawakan oleh Ellya Khadam. dimana dangdut mulai menerobos dengan memasukkan unsur gendang dan seruling menjadi lebih dominan.

Di pertengahan tahun 1970 mulai Rhoma Irama dengan Soneta Group-nya memasukkan unsur musik Rock di dalam dangdut yang akhirnya menjadi ciri khas musik dangdut Rhoma Irama.

Penyanyi dangdut yang mulai terkenal sejak tahun 1970antara lain: A. Rafiq, Camelia Malik, Elvy Sukaesih, Herlina Effendi, Ida Laila, Noer Halimah, Reynold Panggabean, Rhoma Irama, Rita Sugiarto,

Di tahun 1980-an dan 1990-an musik dangdut semakin ramai dengan hadirnya banyak pemusik dan penyanyi dangdut. Saat itu musik dangdut dapat dikatakan sebagai musik rakyat, karena memang benar-benar merakyat sampai ke pelosok kampung. Warna musiknya semakin didominasi oleh suara kendang dan seruling.

Penyanyi dangdut yang mulai terkenal sejak pertengaha tahun 1980 dan awal tahun 1990 antara lain: Erie Suzan, Evie Tamala, Hamdan ATT, Iis Dahlia, Ikke Nurjanah, Ine Cinthya, Itje Trisnawati, Iyeth Bustami, Nur Halimah, Riza Umami, Vetty Vera, Mirnawati, Minawati Dewi, Mega Mustika, Yus Yunus, Asep Irama, Lilis Karlina, Nada Soraya, Mansyur S, Muchsin Alatas, Leo Waldy, Irvan Mansyur s,

Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, jaipong, degung, gambus, rock, pop, bahkan remix dan house music.

Di era tahun 2000-an musik dangdut mulai banyak didominasi unsur-unsur pop, rock, jaipong, koplo, remix dan house music. Selain itu musik dangdut saat itu mulai dikenal dengan ciri khas bernyanyi sambil menari syuurrrrrr, yang dikenal dengan nama “goyang”.  Muncullah istilah-istilah goyang ngebor, goyang ngecor, goyang apa lagi ya....

Dapat dikatakan bahwa dangdut di era tahun 2000-an terjerumus ke arena jogetan/goyang hot yang seronok dan vulgar, dengan ciri kostum ketat, tipis dan memperlihatkan lekukan-lekukan tubuh.

Sebagian besar penyanyi dangdut mulai era 2000-an dapat terkenal karena goyang nya yang Hot dan Vulgar, seperti : Dewi Persik, Melinda, Inul Daratista, Ira Swara, Trio Macan, Julia Perez, Juwita Bahar, Anisa Bahar, Uut Permatasari, Nitha Thalia, Jenita Janet, Ira Swara,

Namun sebagian lagi masih eksis dengan mengandalkan karakter vokal dan kekuatan lirik/lagu. Cici Paramida, Alam, Saipul Jamil, Ridho Rhoma, Kristina, Shamila, Ayu Ting Ting, Siti Badriah, Beniqno Aquino, Fitri Karlina, Zaskia Gotik, Citra Marcelina

Album Lagu Dangdut Lawas Terpopuler


Daftar Lirik Lagu Dangdut Urut Judul
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
X
Y
Z


Daftar Lirik Lagu Campursari Urut Judul
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
X
Y
Z

ARTIKEL TERKAIT: